Senin, 24 Desember 2012

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari merupakan sumber penghidupan bagi kita maupun makhluk hidup lainnya.  Khusus bagi kita sangat dianjurkan loh untuk selalu memanfaatkan sinar matahari itu. Eits, tunggu dulu matahari yang dimaksud disini adalah matahari pagi loh. Berbeda dengan terik matahari disiang hari yang bila terlalu lama terpapar dibawahnya dapat menyebabkan kaknker kulit, Sinar matahari pagi justru mempunyai manfaat kesehatan baik bagi tubuh dan tulang kita. Mau tau apa saja manfaat dari sinar matahari pagi itu? yuk kita simak.
pagi 480x360 Sinar Matahari Pagi Itu Sangat Bermanfaat
Bukan jadi rahasia lagi kalau sinar matahari pagi itu mengandung Vitamin D merupakan sumber utama dari vitamin ini. Tulang kita sangat membutuhkan yang namanya vitamin D ini. Mau tahu kenapa sinar matahari pagi itu menghasilkan vitamin D?. Ketika sinar ultraviolet dari matahari disaring oleh kulit kita,  sinar itu lalu mengubah kolestrol yang terdapat pada tubuhkita menjadi vitamin D selanjutnya otak dan tubuh memberikan sinyal kepada kolestrol dalam darah untuk keluar menuju kekulit sehingga kadar kolestrol dalam darah dapat dikontrol dengan baik. 5 menit berjemur dibawah  sinar matahari pagi kita akan mendapatkan 400 unit vitamin D pada tubuh kita.
Dengan bertambahnya vitamin D yang diserap dari sinar matahari, maka meningkat pulalah penyerapan kalsium di tubuh kita. Hal inilah yang dapat membentuk dan memperbaiki tulang kita. selain itu peningkatan kalsium di tubuh kita, juga dapat menhindari diri kita dari penyakit rakhitis dan osteomalacia. Sinar matahari juga merupakan insulin alam yang dapat mempermudahkan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. setelah glukosa berhasil diserap, tubuhpun terangsang untuk mengubah gula darah menjadi glycogen lalu disimpan di hati dan juga di otot. proses yang terjadi ini  bermanfaat untuk menurunkan gula darah.
autumn leaves 480x360 Sinar Matahari Pagi Itu Sangat Bermanfaat
Selain manfaat diatas, sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur di bawah terik matahari.  Sinar matahari juga mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur. Pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, terapi sinar matahari sangat dibutuhkan. Bahkan beberapa dari virus penyebar kanker dapat dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur, termasuk candida, juga bakteri di udara bereaksi dan dapat dibinasakan oleh sinar matahari. Saat kulit terkena sinar matahari, terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menyerang penyakit. Secara tidak langsung antibodi-pun akan ikut meningkat dan dapat menambah kekebalan tubuh kita.
Nah Guys, jangan malas  bangun pagi ya. Juga jangan lupa sempatkan diri kita untuk berjemur di indahnya sinar matahari pagi. Mari kita sama-sama memanfaatkan kebaikan Tuhan kepada kita.

0 komentar:

Posting Komentar